Mari Saling Makan !!!

Jangan sungkan untuk komen di posting & vote polling !!
Saya nantikan kontribusi Anda !!!

Selasa, 13 Desember 2011

Fullmetal Alchemist, "Pertukaran Setara"

Edward dan Alphonse
Oke, kali ini saya ingin menjabarkan beberapa hal tentang salah satu manga favorit saya, yaitu Fullmetal Alchemist. Fullmetal Alchemist adalah manga karya Hiromu Arakawa yang diterbitkan pertama kali tahun 2001. Dengan genre aksi, petualangan, sedikit komedi dan sedikit slice of life, manga ini telah menjadi salah satu manga yang sangat terkenal di seluruh dunia. Oke, bagi yang masih penasaran, "SELAMAT MAKAN !!"



Edward Elric, salah satu protagonis Fullmetal Alchemist
Oke, pertama - tama kita bahas tentang latar belakang dari Fullmetal Alchemist, bersetting didunia fiksi, dimana suatu hari, Edward Elric bersama adiknya Alphonse Elric yang berusaha melakukan transmutasi alkimia untuk menghidupkan kembali ibunya. Ketika terjadi kesalahan, makhluk yang mereka bangkitkan hanya makhluk berbentuk seonggok daging dan kesalahan tersebut menyebabkan Edward kehilangan tangan kanan dan kaki kirinya sementara Alphonse kehilangan seluruh badannya, dimana ia berakhir tanpa apa - apa kecuali jiwa di baju zirah yang kosong.

Alphonse sebagai baju zirah
Hal yang menonjol disini adalah sebuah kemampuan seseorang untuk melakukan transmutasi kimia. Mereka perlu membuat sebuah lingkaran transmutasi untuk mengubah suatu benda menjadi benda lain. Contoh : Edward dapat mengubah batu menjadi pasir, atau membentuk batu itu kembali dari bentuk asalnya menjadi bentuk lain. Prinsip transmutasi adalah pengertian, penghancuran, dan rekonstruksi. Dimana seseorang jika ingin mengubah batu menjadi emas, dia harus pertama mengerti elemen - elemen apa yang ada pada batu tersebut dan elemen - elemen apa yang diperlukan untuk menjadi emas, lalu menghancurkannya hingga menjadi partikel - partikel kecil kemudian membentuknya kembali.
Contoh lingkaran transmutasi paling mudah

Prinsip transmutasi kedua adalah bahwa jika kau ingin mendapatkan sesuatu, maka kau harus membayar sesuatu yang bernilai sepadan. Prinsip ini memiliki 2 hukum, yaitu hukum konservasi massa dan hukum natural providence. Contoh jika kau ingin mengubah pasir menjadi batu, maka massa yang digunakan harus sama dan kau hanya bisa mengubah batu menjadi benda yang terbuat dan berelemen sama dengan batu, seperti pasir. Maka dari itu, ketika Edward dan Alphonse mencoba untuk menghidupkan kembali Ibu mereka, mereka harus membayar dengan tubuh mereka.
Lingkaran transmutasi manusia yang diciptakan Ed dan Al
Berikut ini adalah beberapa orang yang melakukan transmutasi manusia dan menurut saya, membayar dengan pembayaran yang sangat ironis :

1. Edward Elric - Ingin menghidupkan kembali keluarganya (ibu) dan malah kehilangan satu - satunya anggota keluarga yang tersisa (Alphonse menjadi baju zirah).
2. Alphonse Elric - Ingin mendapatkan kembali kehangatan dari keluarga dengan menghidupkan ibunya, malah mendapatkan sebuah tubuh yang tidak dapat merasakan sama sekali (dalam baju zirah, Alphonse tidak bisa merasakan sentuhan karena tidak mempunyai kulit).
3. Izumi Kurtis - Ingin menghidupkan kembali anaknya, tetapi gagal dan harus membayar dengan beberapa organ tubuhnya (termasuk janin sehingga ia tidak bisa memiliki anak lagi).
4. Roy Mustang - Meskipun ia melakukan transmutasi manusia dengan dipaksa, ia tetap harus membayar dengan sesuatu yang bernilai sepadan. Roy adalah seorang prajurit yang memiliki visi yang cerah untuk negaranya, tetapi setelah melakukan transmutasi manusia ia kehilangan kedua matanya.

Inti dari jalur cerita Fullmetal Alchemist adalah perjalanan Elric bersaudara untuk menemukan cara agar tubuh mereka bisa kembali menjadi seperti semula. Dalam perjalanan ini mereka banyak ertemu lawan dan kawan, serta mereka mendapatkan banyak pelajaran sehingga mereka menjadi pribadi yang lebih baik.

Berbagai tokoh di Fullmetal Alchemist


Oke, saya rasa begitu saja posting saya kali ini. Nantikan posting saya berikutnya, Salam Damai.

1 komentar: