Mari Saling Makan !!!

Jangan sungkan untuk komen di posting & vote polling !!
Saya nantikan kontribusi Anda !!!

Jumat, 02 Desember 2011

"Who Am I?"

Who am I? sebuah pertanyaan sederhana dengan jawaban yang berbeda – beda bagi tiap orang. Bagi saya, pertanyaan ini adalah pertanyaan yang saya sendiri belum tahu pasti jawabannya. Ini dikarenakan kenyataan bahwa saya mungkin kurang mengenal diri sendiri. Saya tidak tahu bagaimana kelihatannya saya dimata orang lain dan sifat – sifat saya yang tidak saya sadari namun mungkin orang lain menyadarinya. Oleh karena itu, saya belum bisa menjawab dengan yakin. Yah, Bagaimanapun juga, "SELAMAT MAKAN !!"

Anda ingin jadi yang mana ?


Orang yang berhasil menjawab pertanyaan "Who Am I?"
Orang yang galau terhadap pertanyaan "Who Am I?"













           Tetapi, mungkin pertanyaan ini bisa dimulai dengan beberapa data pribadi saya terlebih dahulu. Nama saya Adi Cipta Erlangga, lahir ke dunia pada tanggal 27 Maret 1993 di kota Bandung, Jawa Barat. Saya adalah anak kedua dari empat bersaudara di keluarga yang beranggotakan enam orang. Saya tinggal di Jl. Ketintang Wiyata 2/12. Saya melewati jenjang pendidikan SD di SD Laboratorium UNESA, kemudian sekolah menengah pertama saya adalah di SMPN 32 Surabaya. Kemudian saya bersekolah di SMA Al – Falah Surabaya. Pada saat ini saya sedang menempuh jenjang pendidikan S1 jurusan Sistem Informasi di perguruan tinggi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang berada di kota Surabaya.
            Nama saya, Adi Cipta Erlangga adalah nama yang diberikan Ibu saya. “Adi” berarti besar, dan “Erlangga” adalah nama sebuah raja dengan penghubung “Cipta” yang artinya menciptakan. Jadi arti dibalik nama saya adalah “Raja yang akan menciptakan sesuatu yang besar”. Pada tahun 2011 ini, umur saya sudah mencapai 18 tahun. Umur dimana seseorang tidak lagi dianggap anak – anak dan dianggap sudah menjadi orang dewasa yang memiliki peran di masyarakat. Ini membuat saya berpikir, bahwa saya harus menjadi seseorang yang dapat memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara ini sebagai seorang mahasiswa di era konseptual ini dan agar saya menjadi pribadi yang hidup sesuai nama yang telah diberikan oleh Ibu saya. Untuk dapat melakukan hal tersebut, pertama – tama saya harus mengenal apa saja kelebihan dan kekurangan saya, serta apa saja kesempatan dan ancaman yang saya dapatkan dari lingkungan atau bisa disebut SWOT. SWOT berasal dari singkatan kata bahasa inggris, yaitu Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Yang pertama adalah Strength atau kelebihan saya, yaitu saya adalah orang yang mudah beradaptasi terhadap lingkungan sosial, dan saya adalah orang yang menyukai tantangan, serta saya adalah orang yang tidak akan berhenti mencoba sampai saya berhasil. Yang kedua adalah Weakness atau kelemahan saya, yaitu saya adalah orang yang bisa dibilang malas, kemudian saya adalah orang yang bekerja sesuai suasana hati. Maksudnya adalah ketika saya sedang senang, maka kinerja saya akan efektif dan teliti, begitu juga sebaliknya. Yang ketiga adalah Opportunity atau kesempatan yang saya dapatkan dari lingkungan, yaitu bahwa saya adalah seorang mahasiswa di jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, kemudian bahwa saya memiliki teman – teman yang bersemangat dalam belajar serta senior – senior yang siap membantu saya dengan senang hati. Yang terakhir adalah Threat atau ancaman yang saya dapatkan dari lingkungan, yaitu ancaman pergaulan seperti bahaya terjangkit narkotika, pergaulan bebas, dll.
            Saya yakin dengan mengetahui SWOT saya, yaitu kelebihan, kekurangan, serta kesempatan dan ancaman yang saya dapatkan dari lingkungan, saya dapat mengevaluasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Selain Swot, ada juga metode untuk mengenal diri sendiri dengan bantuan teman, yaitu dengan cara membuat kolom Open Area, Hidden Area, Blind Area, serta Unknown Area. Dimana Open area adalah area sifat yang diketahui diketahui diri sendiri dan orang lain, Hidden Area adalah area sifat yang hanya diketahui oleh diri sendiri, Blind Area adalah area sifat yang tidak kita ketahui tentang diri sendiri tetapi diketahui oleh orang lain dan yang yang terakhir adalah Unknown Area, yaitu area sifat yang mungkin dimiliki diri sendiri tetapi belum diketahui siapapun. Open Area yang saya miliki adalah saya adalah orang yang ramah, ceria dan humoris. Hidden Area saya adalah saya orang yang loyal. Blind Area saya menurut orang lain, adalah saya orang yang agak tertutup. Dan Unknown Area saya adalah saya mungkin bisa melakukan apa saja. Saya rasa semua ini sudah cukup menjawab pertanyaan utama diatas, yaitu Who Am I?

1 komentar: