Mari Saling Makan !!!

Jangan sungkan untuk komen di posting & vote polling !!
Saya nantikan kontribusi Anda !!!

Jumat, 02 Desember 2011

"PATRIOT"

Ayam saja bisa, kenapa kita tidak ?
Salam , kali ini saya akan menjabarkan sesuatu tentang PATRIOT, Patriot, artinya adalah seseorang yang berjuang untuk membela negaranya. Tetapi arti patriot yang saya maksud disini adalah singkatan dari kata Prestatif, Aktif, Tanggap, Kritis, Visioner, dan Tanggung Jawab. Yang baru saja saya sebutkan adalah sifat-sifat yang harus dimiliki seseorang ketika dia ingin menjadi mahasiswa ideal. Penasaran ? Oke !! "SELAMAT MAKAN !!"






Yang pertama adalah sifat Prestatif. Yang dimaksud prestatif disini adalah sifat dimana seseorang menghasilkan prestasi dari kegiatan yang dilakukannya. Berprestasi tidak harus menjadi juara, tetapi berpartisipasi dalam suatu kegiatan atau lomba bisa disebut berprestasi. Pada dasarnya hal yang disebut prestasi adalah hal yang relative, sehingga berbeda bagi tiap orang. Kalau kita menganggap setiap hal yang kita lakukan adalah pretasi, kita akan menjadi lebih percaya diri dan bangga terhadap diri sendiri sehingga dapat menjadi motivasi kita dalam melakukan sesuatu.
Sifat yang kedua adalah Aktif. Yang dimaksud aktif disini adalah mengambil setiap kesempatan yang didapatkan untuk menonjolkan kelebihan diri sendiri. Di jaman sekarang, sifat Aktif bukanlah suatu kelebihan, tetapi suatu keharusan, sehingga seseorang yang tidak memiliki sifat aktif kedepannya pastilah menjadi orang yang kurang berhasil dalam hidup. Saya percaya bahwa setiap mahasiswa harus memiliki sifat ini karena mahasiswa adalah tingkatan yang lebih tinggi dari siswa serta mahasiswa adalah penghubung antara pemerintah dan masyarakat. Terlebih lagi mahasiswa adalah calon – calon pemimpin bangsa kelak. Jadi kalau calon pemimpin bangsa kita ini bersifat pasif, maka akan jadi apa bangsa kita?
Contoh seseorang yang tidak menerapkan "PATRIOT"
Kemudian adalah sifat Tanggap. Tanggap disini diartikan sebagai sifat dimana seseorang selalu siap dalam menghadapi masalah apapun yang akan dihadapi. Contohnya adalah ketika ada tugas yang deadline-nya pendek, seorang mahasiswa yang tanggap pasti tidak akan panik dan akan menyesuaikan waktu yang dimilikinya untuk mengerjakan tugas tersebut. Tetapi bila mahasiswa tersebut tidak tanggap, dia akan panik dan kemudian tugas – tugas dan kewajiban yang harus dilakukannya akan terbengkalai. Terlebih lagi, di jaman sekarang sikap tanggap seperti sikap aktif diatas, yaitu bukan merupakan suatu kelebihan melainkan merupakan suatu keharusan sehingga kita harus memilikinya.
Yang keempat adalah sifat Kritis. Kritis disini dapat diartikan sebagai sifat dimana kita tidak mudah puas dalam segala sesuatu. Seperti ketika seorang mahasiswa mengerjakan tugas. Ketika sudah selesai, mahasiswa yang kritis pasti akan memeriksa pekerjaannya terlebih dahulu sebelum dikumpulkan, sehingga tugas yang diselesaikannya pastilah lebih baik dari mahasiswa yang kurang kritis. Terlebih lagi, sifat kritis disini sangat diperlukan mahasiswa karena mahasiswa adalah penghubung antara pemerintah dan masyarakata, sehingga seorang mahasiswa yang memiliki sifat kritis tidak akan cepat puas terhadap solusi – solusi yang sudah ada dan akan selalu mencari solusi yang lebih baik.
Sifat yang kelima adalah sifat Visioner. Yang dimaksud visioner disini adalah memiliki vision, tujuan, atau goal dalam kehidupan. Tujuan dari memiliki tujuan dalam kehidupan adalah untuk memotivasi diri sendiri agar tidak mudah menyerah dalam mencapai tujuan tersebut. Selain itu memiliki tujuan juga berguna untuk mempertahankan minat kita terhadap sesuatu yang walaupun sesuatu itu kurang kita sukai, jika kita memiliki tujuan yang jelas dan tujuan itu pasti menguntungkan kita, kita pasti akan tetap berjuang sampai kita dapat mencapai tujuan tersebut.
Tidak menerapkan PATRIOT ? OWNED !!
Sifat yang terakhir adalah sifat Tanggung Jawab. Saya rasa sifat tanggung jawab ini bukan hanya diperlukan oleh kita sebagai mahasiswa, tetapi diperlukan oleh kita sebagai manusia yang berakal. Ini dikarenakan sifat tanggung jawab adalah sifat yang terberat karena jika kita memiliki tanggung jawab, kita pastilah memiliki suatu tugas yang dipercayakan kepada kita. Sehingga jika kita tidak memiliki sifat tanggung jawab kita sama saja mengkhianati kepercayaan yang diberikan kepada kita.
Saya rasa itulah penjabaran dari sifat – sifat yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi mahasiswa ideal yang terkandung dalam kata PATRIOT. Walaupun kita sudah paham apa saja sifat - sifat yang terkandung dan arti – artinya, pada akhirnya yang penting kita adalah menerapkan sifat – sifat tersebut dalam kehidupan sehari – hari kita.

2 komentar: