Mari Saling Makan !!!

Jangan sungkan untuk komen di posting & vote polling !!
Saya nantikan kontribusi Anda !!!

Jumat, 16 Desember 2011

Public Speaking, apakah anda bisa ?

Salam lagi, pada posting kali saya akan membahas tenttang topik yang pasti pernah kita dengar, yaitu Public Speaking. Topik ini banyak terinspirasi dari kuliah Keterampilan Interpersonal yang saya ikuti pada hari Jum'at, 16 Desember 2011.

Pikiranmu adalah hal yang menakjubkan, dia bekerja dari ketika kau dilahirkan, dan tidak pernah berhenti sampai ketika kau  MAJU UNTUK BERBICARA
Oke, "SELAMAT MAKAN !!"

 Sebenarnya, apa itu public speaking ? Public speaking adalah seni untuk berbicara atau menyampaikan suatu informasi kepada publik atau orang banyak. Dalam kuliah yang saya ikuti, public speaking memiliki sebuah inti yang disebut 3V, yaitu Verbal, Vocal dan Visualisasi. Yang dimaksud verbal disini adalah pemilihan kata yang digunakan, vocal adalah intonasi serta volume suara yang digunakan dan visualisasi adalah postur tubuh ketika berbicara.


Dalam melakukan public speaking, terdapat beberapa halangan dan hambatan, beberapa diantaranya yaitu:
1. Gugup
2. Malu
3. Kurang wawasan
4. Kurang bisa mengambil perhatian pendengar


Hal - hal diatas adalah masalah yang biasa dialami oleh kebanyakan orang ketika sedang berbicara didepan umum. Untuk meningkatkan kemampuan public speaking kalian, berikut ini adalah beberapa tips :
1. Santai, tetapi tetap serius
2. Jangan overconfident
3. Menambahkan humor
4. Berbicara dengan tenang dan jelas
5. Bila anda gugup, coba jangan ditunjukkan kepada audience
6. Perhatikan juga waktu, jangan sampai molor



Terlebih lagi, public speaking adalah soft skill yang tidak bisa diabaikan di era konseptual ini. Karena jika kau menguasai skill ini, peluangmu untuk berkembang akan terbuka luas. Memang masih banyak hal yang bisa dibahas dalam topik public speaking. Pada intinya untuk mensukseskan public speaking adalah kalian harus percaya diri terlebih dahulu, karena kalau kalian sendiri tidak percaya, maka siapa lagi ? Salam Damai
Gak bisa public speaking ? Makan aja tu kaki !!

1 komentar: